Kamis, 07 Juli 2011

II. BISNIS


a.       Konsep Bisnis
Izzi Batik ini adalah konsep butik khusus untuk produk batik. Walaupun usaha kami adalah butik, namun kami menjual produk batik dengan harga yang terjangkau. Kami menyediakan produk batik yang langsung didatangkan dari kota pengrajin batik.
Peluang usaha membuka butik batik ini masih sangat terbuka karena bagi masyarakat batik merupakan warisan budaya asli negara Indonesia sehingga harus tetap dijaga dan dipergunakan. Apalagi sejak tanggal 02 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional maka batik menjadi tren. Semua orang menyukai batik karena sangat beragam motif dan warnanya, harganya pun terjangkau. Bisa digunakan untuk acara formal maupun nonformal.
Elemen-elemen yang ditawarkan oleh butik batik kami ini adalah sebagai berikut;
    Produk yang berkualitas tinggi, asli dari Indonesia,
    Layanan prima untuk calon dan pembeli,
    Metode pemasaran yang unik,
    Lokasi yang nyaman dan strategis,
    Desain butik yang bernuansakan kampung batik.
b.      Produk Yang Ditawarkan
Produk utama yang kami tawarkan pada butik ini adalah pakaian batik baik  wanita maupun laki-laki. Selain produk utama pakaian, kami juga menyediakan produk bermotif batik lainnya, seperti sprei dan sarung bantal, kain, tas, softcase laptop/notebook, dompet, sandal, dan beberapa aksesoris lainnya yang bermotif batik seperti kertas kado/sampul dan sapu tangan.
c.       Harga
Harga yang ditawarkan oleh butik kami kompetitif, tidak terlalu jauh berbeda dibandingkan dengan pesaingnya dan masih terjangkau. Berikut ini adalah kisaran   harga dari produk yang kami tawarkan:
   Pakaian                                                Rp. 125.000,-
   Sprei dan sarung bantal (4 buah/set)    Rp. 180.000,-
   Kain                                                     Rp.   85.000,-
   Tas                                                       Rp.   75.000,-
   Softcase laptop/notebook                    Rp.   50.000,-
   Dompet                                                Rp.   30.000,-
   Sandal (per pasang)                             Rp.   30.000,-
   Kertas kado/sampul per lembar           Rp.     2.000,-
   Sapu Tangan                                        Rp.    15.000,-


d.      Persediaan Barang dan Pemasaran
    Persediaan barang dagangan akan dikelola dengan baik agar kebutuhan para pembeli akan suatu barang selalu terpenuhi dengan dilakukannya pengecekan barang setiap hari dan  stock opname  sebulan sekali agar barang fisik yang ada sesuai dengan data yang tertera di komputer.
    Strategi pemasaran yang dilakukan adalah menanamkan rasa kebanggaan pada produk batik dan mendorong masyarakat untuk melakukan pembelian melalui berbagai materi promosi yang ditawarkan.
    Bentuk pemasaran yang kami rencanakan adalah mempromosikan produk terutama melalui jejaring sosial, seperti membuat akun Facebook, Twitter, maupun promosi menggunakan brosur-brosur yang disebarkan, poster, banner dan spanduk. Kami juga berusaha menawarkan ke rekan-rekan, bercerita dari mulut ke mulut. Para karyawan pun dilatih dan dididik mengenai bagaimana cara melayani pembeli yang baik agar pembeli tertarik untuk melakukan pembelian, pembelian dapat dipesan melalui jejaring sosial dengan jasa pengiriman gratis, memberikan potongan harga pada tingkat pembelian tertentu. Selain itu kami juga menyiapkan kantong-kantong bermotif batik sebagai identitas dari butik kami. Kami menargetkan, dalam seminggu promosi awal yang kami lakukan dengan gencar, dapat langsung menarik minat para pembeli.
e.       Layanan Pelanggan
Agar mendapatkan pembeli yang loyal dan dapat menarik para pembeli, maka setiap karyawan akan menggunakan seragam batik selama jam kerja yang rapi dan bersih serta melayani pengunjung dan pembeli dengan ramah sehingga yang pada awalnya orang datang untuk melihat-lihat saja menjadi tertarik untuk membeli. Para karyawan pun diberi pembelajaran mengenai product knowledge.
f.       Desain Butik
Butik ini akan dirancang menggunakan konsep kampung batik dengan ruangan yang luas dimana setiap sisi dindingnya dilukis dengan motif batik dan perlengkapannya pun diberi motif batik, ada meja kursi seperti ruang tamu, kaca yang besar tersedia di beberapa sudut. Sementara batik ditaruh di etalase kaca dan dalam lemari jati. Sehingga terkesan wah dan pelayanan premium. Suasana yang dimunculkan adalah bersahabat, bersih, bergaya dan menyenangkan.
g.      Lokasi dan Pilihan Wilayah
Pilihan lokasi dan wilayah operasional usaha butik ini akan ditempatkan di wilayah kota Bogor pada lokasi yang berada di pusat keramaian, di tengah kawasan penduduk dan berada pada sisi jalan raya agar mudah dijangkau sehingga dapat terlihat dari jarak yang jauh, misalnya di dekat pasar tradisional atau mall-mall dengan lalu lintas pengunjung yang tinggi seperti Bogor Trade Mall, Botani Square, Ekalokasari Plaza dan Bogor Plaza.
h.      Pasokan Barang Dagangan
Pasokan barang dagangan diperoleh langsung dari produsen-produsen batik baik dari daerah Solo, Jogjakarta, Cirebon, Pekalongan, Bali dll. 
i.        Operasi Butik dan Manajemen
Butik ini buka dari hari Selasa s.d. Minggu dengan jam beroperasi :
  Pukul 10.00 WIB s.d. 19.00 WIB pada hari Selasa s.d. Jum’at.
  Pukul 10.00 WIB s.d. 17.00 WIB pada hari Sabtu dan Minggu.
Butik akan dioperasikan oleh satu manajer toko dan sepuluh orang karyawan yang terdiri dari satu orang bagian administrasi, satu orang kasir, lima orang  pramuniaga, satu orang bagian logistik, satu orang pembantu umum dan satu orang satpam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar