Sabtu, 25 Juni 2011

Gizi Yang Seimbang Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Gizi yang seimbang yaitu gizi yang baik bagi tubuh yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan karena zat-zat gizi diperlukan tubuh untuk hidup sehat dan produktif. Untuk mendapatkan asupan gizi seimbang jangan hanya mengkonsumsi satu jenis bahan makanan saja tetapi harus terdiri dari aneka ragam bahan makanan.
Dengan mengkonsumsi gizi yang seimbang, maka kita akan terhindar dari masalah “gizi kurang’ atau ‘gizi lebih”. Berikut ini ada beberapa langkah untuk memperoleh gizi yang seimbang.
Ö      Konsumsi makanan yang beraneka ragam karena tidak satu jenis makanan pun yang mengandung gizi yang lengkap.
Ö      Konsumsi makanan yang cukup zat karbohidratnya, karena karbohidrat akan memberikan kita tenaga. Makanan yang mengandung karbohidrat  seperti beras, gandum, jagung, umbi-umbian, tepung, sagu dan pisang.
Ö      Konsumsi makanan yang cukup mengandung energi dan mengandung lemak serta minyak agar dapat hidup dan melaksanakan kegiatan sehari-hari, meningkatkan jumlah energi, membantu penyerapan vitamin-vitamin A,D,E dan K serta menambah lezatnya hidangan. Namun, gunakan lemak dan minyak nabati karena minyak nabati mudah dicerna oleh tubuh.
Ö      Gunakan garam beryodium yakni garam yang diperkaya dengan KIO3 (Kalium Iodat).
Ö      Konsumsi makanan yang mengandung zat besi karena zat ini merupakan salah satu unsur penting dalam pembentukan sel darah merah.
Ö      Biasakanlah sarapan setiap pagi hari agar dapat memelihara ketahanan fisik, mempertahankan daya tahan tubuh saat beraktivitas.
Ö      Perbanyaklah mengkonsumsi air putih yang bersih dan bebas dari kuman, minimal 2 liter per hari agar terhindar dari dehidrasi.
Ö      Lakukan aktivitas secara teratur, seperti olah raga yang rutin agar tidak tercegah dari kelebihan berat badan, meningkatkan fungsi paru-paru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar